Rabu, 24 Agustus 2011

Belum Merdeka??

1945, 17 agustus Ir. Soekarno didampingi Drs. mohammad hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia di jalan pegangsaan Jakarta pusat. Di bawah tekanan golongan muda sebagai perwakilan suara rakyat yang memimpikan kemerdekaan tanah air. Semangat memerdekakan tanah air bukan semangat yang datang tanpa sebab, semangat ini hasil dari kejenuhan rakyat nusantara memijakan kakinya di tanah kelahiran di bawah jajahan asing. Darah, air mata, keringat serta nyawa yang tercecer di medan perang, adalah bukti dari pendahulu kita punya cita-cita. cita-cita untuk mengkondisikan anak cucu mereka terlahir di atas republik Indonesia yang merdeka, anak cucu yang nantinya bisa meneruskan perjuangan mempertahankan republik tanpa batasan dengan karyanya.

Agresi militer belanda I & II ?? mereka yang datang kembali mencoba peruntungan untuk menguasai tanah air berhasil dipukul mundur. Sekali lagi berkat para pendahulu yang masih mempertahankan impian serta semangat mereka, “MERDEKA” mungkin adalah kata terakhir yang diteriakan sebelum peluru menembus jantung mereka yang gugur dihadapan musuh. Kini setelah 66 tahun kemerdekaan dan kebebasan mengibarkan merah putih di ujung tiang, masih ada yang merasa belum merdeka? Coba untuk tengadahkan kepala dan bayangkan kalian yang hidup sekarang ini mati dalam perjuangan menggapai kemerdekaan yang akhirnya terwujud. Puluhan tahun kemudian, anak cucu kalian yang tidur, terbangun, berjalan, berlari, bermain, dan berkarya berkat jasa kalian teriak dengan lantang “BELUM MERDEKA”, apa yang kalian rasakan? Menyesal? Ya, Menyesal sudah mencurahkan jiwa dan raga untuk kebebasan tanah air yang belum juga cukup bagi anak cucu kalian sendiri.

Maka hargailah semangat mereka, hargai kerelaan mereka berbakti kepada negri. Hingga mereka bisa terbaring tenang di bawah tanah, tanah tempat kelahiran kemerdekaan berkat lahirnya mereka. KITA SUDAH MERDEKA pertahankan kalimat itu, dan buktikan kemerdekaan itu ada dengan perjuangan kalian, perjuangan yang dilakukan dengan cara kalian masing-masing. Jangan ragu untuk berkarya, ingat kita sudah merdeka. Suara, tulisan, fikiran, dan gerak kalian para cucu pejuang penerus bangsa sudah menjadi hak bagi kalian. Maka pergunakanlah hak itu tanpa rasa takut untuk melanjutkan perjuangan. Malu? Takut gagal? Untuk apa merdeka kalau berkarya saja masih ragu dan takut.

Lanjutkan perjuangan saudaraku, teriakan “MERDEKA” karna kita begitu. Lanjutkan perjuangan saudara nusantara, masih ada satu tujuan yang menjadi tanggung jawab kita bersama yang bernafas hari ini. Yakni “KE-MERDESA-AN”. Hargai, hormati, dan jadikan inspirasi karya para pahlawan pendahulu kita. selamat meneruskan perjuangan saudaraku.

Terima kasih pahlawan, teriring permohonan maaf kami para penerus perjuangan.
17 agustus, 2011


Creative By :
Fachrie Abdillah Nuban (Sosiologi Pembanggunan FIS dan Waketu Dep.INFOKOM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar